Telkomsel sebagai Corparate Social Responsibility­: Upaya Membangun Negeri dengan Inovasi Seluler

Oleh. Mohammad Takdir Ilahi
(Mahasiswa Perbandingan Agama Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Pendahuluan

Bercermin pada sejarah berdirinya Telkomsel, muncul secercah harapan untuk membangun negeri dengan inovasi seluler yang mampu memberikan pelayanan terbaik di bidang industri telekomunikasi Indonesia. Sebagai sebuah jaringan seluler yang ditopang oleh perlengkapan teknologi yang memadai, Telkomsel berdiri atas dasar semangat untuk menyatukan bangsa dan melayani program telekomunikasi seluler sampai ke pelosok pedesaan. Itulah sebabnya, Telkomsel diharapkan tetap menjaga kualitas layanan yang memberikan kepuasaan kepada masyarakat luas tanpa mengabaikan kualitas jaringan dan kepentingan perusahaan yang menitikberatkan pada tanggung jawab sosial sebagai sesama bangsa.

Kita tahu bahwa Telkomsel lahir dari rahim BUMN (Badan Usaha Milik Negara) PT.Telkom yang berorientasi pada pelayanan publik, dan dengan di landasi semangat nasionalisme untuk memajukan negeri yang dicintai. Atas dasar orientasi itulah, Telkomsel tumbuh berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi yang bergerak di bidang jaringan seluler guna memberikan kepuasaan kepada semua pelanggan yang mengapresiasi keberadaan Telkomsel dalam jagat telekomunikasi seluler di Indonesia.

Maka, pada 26 Mei 1995 sebuah perusahaan karya anak bangsa bernama Telkomsel diberi mandat oleh pemerintah untuk melaksanakan layanan telekomunikasi selular hingga pelosok, mengindikasikandimulainya era kebangkitan bangsa Indonesia dalam perjuangannya untuk merdeka dari keterisolasian komunikasi dan informasi sekaligus juga berupaya mempersatukan negeri dari Sabang sampai Merauke. Sebagai perusahaan yang bertugas dalam pelayanan telekokomunikasi seluler, Telkomsel berdiri kokoh untuk membangun jaringan dan kepercayaan kepada masyarakat agar tetap menjadi penopang lancarnya layanan komunikasi antar bangsa.

Sebagai bentuk apresiasi yang cukup tinggi terhadap berdirinya Telkomsel ini, kita patut memanfaatkan secara seimbang penggunaan telepon seluler. Jangkauan signal merupakan jaminan ideal terciptanya bangunan komunikasi yang lebih lancar dan terpeliharanya kualitas jaringan yang mencerahkan.

Kita patut menaruh harapan terhadap eksistensi Telkomsel yang terus berkibar untuk menorehkan sejarah gemilang dalam bidang telekomunikasi seluler. Sepanjang 15 tahun berdiri, Telkomsel dengan sangat bangga dapat pelayanan informasi dan mampu menyatukan bangsa Indonesia melalui jaringan terluas dan kualitas terbaik di wilayah terpencil, sehingga mampu menjangkau lebih dari 95 persen populasi di tanah air.

Bahkan, selama 15 tahun itu pula, Telkomsel terus berupaya melahirkan berbagai inovasi kreatif di bidang teknologi telekomunikasi selular guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang sangat antusias dan menaruh banyak minat. Besarnya sumbangsih Telkomsel ini membuat kita tetap optimis untuk membangun kepercayaan masyarakat agar tidak berpaling dari perusahaan telekomunikasi yang juga ikut bersaing dalam menggaet simpati dan ketertarikan masyarakat terhadap kemajuan teknologi yang dikemas dengan perangkat seluler yang lebih canggih dan menjanjikan.

Ponsel Sebagai Simbol Konvergensi Layanan

Pada era modern sekarang ini, telepon selular (ponsel) barangkali sudah menjadi kebutuhan pokok dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup masa kini. Pola hidup masyarakat yang demikian semakin mempertegas rayuan gombal Telkomsel yang sangat pandai menarik simpati dan apresiasi dari masyarakat. Apalagi kita sudah tidak asing lagi dengan barang kepemilikan yang dianggap mewah, seperti halnya telepon seluler. Bahkan, masyarakat perkotaan hingga pelosok pedesaan, orang dewasa hingga anak-anak dengan berbagai profesi di mana pun dan kapan pun terlihat selalu lengket dengan alat komunikasinya.

Kemajuan teknologi dan informatika telah memberikan kemudahan luar biasa bagi semua orang untuk melakukan interaksi dengan mudah dan cepat. Barangkali dengan inovasi seluler, Telkomsel mencoba menciptakan suatu model baru yang memikat dan gaya hidup yang lebih menantang. Itulah sebabnya, keberadaan ponsel telah membuat orang semakin semangat dalam melaksanakan aktifitas yang berkaitan dengan kehidupan sehar-hari. Pendek kata, lompatan kemajuan yang dihadirkan Telkomsel membuat dunia kita menjadi tanpa batas dan sekat, sehingga informasi apa pun dapat kita peroleh dengan sangat mudah.

Dalam pengamatan saya, ponsel telah menjadi simbol konvergensi layanan dan lompatan kemajuan zaman yang menghadirkan suatu inovasi baru yang lebih memberdayakan. Hal ini dikarenakan dengan alat “ajaib” bernama ponsel, mampu menghadirkan berbagai layanan sekaligus mulai dari game, TV, radio, musik, film, kuis, komik, recorder, kamera, handycam, komputer, layanan perbankan, hingga dompet digital yang siap digunakan untuk bertransaksi bahkan pengambilan tunai. Manfaat yang dihadirkan layanan ponsel membuat kita semakin percaya diri dalam mengarungi kehidupan ini dengan penuh optimisme tinggi. Bahkan, keberadaan ponsel telah membuka cakrawala baru dalam kemajuan teknologi tanpa batas sehingga mampu meneropong ke berbagai belahan dunia.

Pada titik inilah, seiring dengan semakin luasnya jaringan yang digelar operator selular, kehadiran ponsel telah memunculkan gaya hidup yang penuh mobilitas atau dikenal dengan nama mobile-lifestyle. Kini ponsel tak hanya sekedar untuk menelpon dan SMS, tapi memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari yang penuh mobilitas. Mobilitas yang dimiliki ponsel membuat aktifitas kita sangat mudah dilakukan, bahkan telah memunculkan gaya hidup modern di kalangan generasi muda yang tidak ingin lepas dengan ponsel.

Pada perkembangan sebelumnya, ponsel seolah-olah menjadi barang antik dan mewah yang hanya dimiliki oleh orang-orang kaya. Akan tetapi, seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, ponsel bukanlah barang mewah yang hanya terbatas pada kalangan elite. Orang miskin pun sekarang sudah memiliki alat “ajaib” ini, karena harganya telah menjangkau dan bisa dibeli dengan murah.

Kiprah dan Terobosan Baru Telkomsel

Sepanjang berkiprah dalam bidang telekomunikasi seluler, Telkomsel telah memberikan sumbangan berarti bagi kemajuan teknologi dan informasi di Indonesia. Kiprah Telkomsel tak bisa diragukan lagi dalam menciptakan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat luas sehingga kita patut mengapresiasi torehan sejarah Telkomsel yang cukup mencenangkan dan memberikan angin segar bagi kemajuan telekomunikasi seluler di Indonesia.

Sebagai perusahaan yang di percaya 50% industri telekomunikasi Indonesia, Telkomsel sudah begitu banyak melakukan berbagai terobosan baru guna kemudahan bertelekomunikasi untuk memandu mobile lifestyle yang identik dengan gaya hidup masyarakat modern sekarang ini. Terobosan baru Telkomsel memang cukup luar biasa dalam menarik simpati dan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan jasa Telkomsel.
Saya patut mengapresiasi torehan sejarah dan prestasi Telkomsel yang telah berperan penting dalam kemajuan telekomunikasi seluler di Indonesia. Prestasi yang ditorehkan Telkomsel memang tidak lepas dari kemampuan mengorganisasi dan melakukan terobosan baru dalam memperluas jaringan yang lebih besar. Semakin luasnya jaringan Telkomsel, maka semakin mempermudah promosi dan pengiklanan untuk memperkenalkan produk-produk Telkomsel yang berdaya saing dan kompetitif dengan telekomunikasi seluler lainnya.

Kita telah mencermati bagaimana kiprah dan terobosan Telkomsel dalam menciptakan layanan terbaru yang lebih canggih dan bersaing dengan kualitas yang memadai. Beragam layanan telah dihadirkan Telkomsel antara lain layanan 3G, Telkomsel Flash, BlackBerry, mobile wallet T-Cash, m-Music, Nada Sambung Pribadi, Push Email, mobile banking, mobile advertising, iPhone 3G, iPhone 3Gs, dan implementasi teknologi LTE (long term evolution) pertama di Indonesia.

Beragam layanan yang dihadirkan Telkomsel membuat kita semakin leluasa memanfaatkan kecanggihan perangkat teknologi yang ada di dalamnya. Ini karena, Telkomsel hadir untuk membuktikan kualitas perangkat maupun jaringan yang serba cepat sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi kemajuan telekomunikasi seluler di Indonesia. Tidak heran bila inovasi membangun negeri selama 15 tahun Telkomsel berkiprah, semakin terasa setelah secara resmi Telkomsel untuk pertama kalinya meluncurkan layanan berbasis teknologi 3G di Indonesia (14 September 2006) yang menandai hadirnya layanan kombinasi suara, teks, gambar, dan video, dimana saat ini pelanggan 3G Telkomsel telah mencapai lebih dari 13 juta.

Peluncuran teknologi 3 G yang dihadirkan Telkomsel sungguh memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan agar tetap memakai layanan telekomunikasi seluler ini. Telkomsel sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi seluler dituntut untuk tetap membangun kepercayaan kepada pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan Telkomsel melalui ponsel yang digunakan untuk berinteraksi dengan teman sejawat maupun rekan kerja.

Maka dari itu, dalam rangka memudahkan pelanggan serta melakukan inovasi layanannya, Telkomsel telah memperkuat jaringan terluas dan berkualitas yang didukung 32.000 BTS (Base Transceiver Station) dan ragam teknologi terlengkap mulai GPRS (Global Packet Radio Service), EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution), 3G WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access), HSDPA (High Speed Downlink Packet Access), HSPA+ (High Speed Packet Access +), dan dalam waktu dekat segera mengimplementasikan teknologi LTE (Long Term Evolution) pertama di Indonesia.

Inovasi layanan Telkomsel tersebut semakin memudahkan kita untuk melakukan petualangan di dunia maya yang dikemas dengan sangat apik dan menarik. Telkomsel telah memberikan inovasi baru dalam hal konten maupun perluasan jaringan yang diimbangi dengan kecanggihan perangkat lunak yang terdapat dalam ponsel. Kecanggihan Telkomsel dalam menampilkan konten yang menarik semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap beragam layanan yang sangat mencerahkan.

Menurut Sarwoto Atmosutarno, Direktur Utama Telkomsel, keberadaan telekomunikasi seluler yang dipadu dengan kekuatan jaringan yang lebih luas akan semakin mempermudah mobilitas masyarakat untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Kita memang sangat menyadari kebutuhan masyarakat akan telekomunikasi dan data yang menjadi gaya hidup yang penuh mobilitas saat ini. Itulah sebanya, telekomunikasi seluler harus didukung dengan jaringan luas dan berkualitas yang mampu memperlancar hubungan pelanggan dengan berbagai informasi kapan pun dan di mana pun mereka berada. Dengan cara itu, pelanggan bisa menikmati perpaduan sempurna berbagai inovasi teknologi selular hadir di tengah-tengah kita. Apalagi diperkuat dengan perangkat gaya hidup terkini dan jaringan terluas Telkomsel yang menjangkau hampir seluruh wilayah populasi Indonesia.

Telkomsel Sebagai Corporate Social Responsibility

Torehan sejarah yang diciptakan Telkomsel memang menjadi momentum kebangkitan telekomunikasi seluler di Indonesia. Momentum 15 tahun berkiprah patut dijadikan kesempatan emas untuk berbuat sesuatu yang lebih bermanfaat dan menyentuh derut nadi kehidupan masyarakat. Maka, seiring upaya Telkomsel untuk terus menebar manfaat melalui layanan telekomunikasi berikut multiplier effect yang ditimbulkannya, Telkomsel berupaya semaksimal mungkin agar layanan yang dihadirkan bisa menyentuh aspek kebutuhan sehari-hari dengan melakukan berbagai aksi kepedulian, yang dituangkan dalam serangkaian kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).

Bentuk kepedulian Telkomsel dalam bidang telekomunikasi seluler harus bisa menciptakan perubahan fundamental dalam peningkatan taraf hidup masyarakat. Walaupun bergerak dalam bidang telekomunikasi seluler, Telkomsel perlu mensinergikan inovasi seluler dengan memberikan peluang bagi UKM dan usaha kerja masyarakat agar lebih berkembang sehingga bisa membantu kepentingan hidup mereka. Kita sangat berharap, Telkomsel tidak sekedar menjadi peruhasaan yang berorientasi bisnis dan keuntungan kapital semata, melainkan juga menaruh kepedulian terhadap problem kesenjangan dan kemiskinan yang merajalelanya di kalangan masyarakat kita. Dengan kegiatan yang berbentuk Corporate Social Responsibility, Telkomsel diharapkan juga ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial yang menyentuh kehidupan masyarakat miskin yang tidak mampu.

Pada intinya, Corporate Social Responsibility merupakan bagian penting yang sifatnya menjadi “wajib” bagi Telkomsel di dalam pengembangan bisnisnya. Hal ini sejalan dengan visi dan misi perusahaan semenjak awal berdirinya, yang terus-menerus membuka jaringan secara luas hingga ke pelosok pedesaan, menyediakan layanan telekomunikasi bagi seluruh masyarakat sehingga ada kelancaran berkomunikasi. Terbukanya akses masyarakat untuk dapat berkomunikasi inilah yang secara tidak langsung dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan membuka jaringan secara luas sampai ke pelosok pedesaan, paling tidak Telkomsel telah berbuat sesuatu untuk berbagi secara merata dengan masyarakat yang jauh dari akses komunikasi maupun kemajuan teknologi dunia digital.

Terlepas dari bentuk kegiatan Telkomsel yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat, kita berharap terus agar Telkomsel tidak berhenti membangun negeri dengan inovasi seluler tanpa batas sehingga mampu memperluas akses informasi sampai ke pelosok pedesaan. Kepedulian Telkomsel sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi seluler memang menjadi momentum kebangkitan bagi perusahaan telekomunukasi lainnya untuk bergerak cepat dalam melihat kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat. Itulah sebabnya, Telkomsel perlu memperluas jaringan dan promosi layanan yang mampu menjangkau 95 persen populasi di tanah air.

Lebih lanjut lagi, Telkomsel diharapkan ikut terlibat dalam melakukan interaksi dengan masyarakat di sekitar lokasi tempat beroperasi, mulai dari kantor operasional, graPARI, maupun site-site BTS yang tersebar di seluruh Indonesia. Hubungan simbiolis mutualisme atau timbal-balik dengan masyarakat ini menjadi salah satu kunci kesuksesan dan torehan prestasi Telkomsel di dalam maju berkembang besama-sama dengan masyarakat. Tanpa dukungan dan penghargaan dari masyarakat, Telkomsel tidak akan mampu berkibar untuk menorehkan tinta emas sebagai salah-satu telekomunikasi seluler paling sukses di Indonesia. Oleh karena itu, kepedulian Telkomsel tidak boleh berpaling dari kebutuhan ideal masyarakat yang menghendaki terciptanya kesetaraan dalam bidang taraf hidup dan ekonomi itu sendiri.

Kita tahu bahwa setiap tahunnya berbagai program Corporate Social Responsibility dilakukan untuk membangun kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitar. Fokus utama kegiatan itu masih menitikberatkan pada persoalan pendidikan yang jauh dari harapan. Telkomsel menyadari bahwa kegiatan Corporate Social Responsibility yang difokuskan pada persoalan pendidikan dipandang sebagai satu permasalahan strategis yang harus diselesaikan bersama-sama oleh semua pihak. Saya memahami bahwaTelkomsel dengan modal di bidang teknologi dan sumber daya manusianya yang tersebar di seluruh Indonesia, memiliki tanggung jawab sosial untuk terlibat aktif dalam memecahkan persoalan pendidikan, di samping juga punya potensi yang besar di dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Oleh karena itu, bentuk kegiatan yang digalakkan Telkomsel harus didukung oleh semua pihak agar dapat berjalan dengan lancar dan memudahkan kita dalam memecahkan persoalan pendidikan. Kita bisa melihat program-program Telkomsel yang dilakukan biasanya ditujukan bagi komunitas sekolah yang terdiri dari guru dan murid. Bentuk kegiatan yang Telkomsel lakukan mulai dari melengkapi fasilitas sekolah dengan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti computer, modem, LCD projector, software pendidikan, maupun pelatihan bagi para guru di dalam pemanfaatan TIK sebagai bagian penting proses belajar mengajar di era ini.

Bentuk kepedulian Telkomsel tersebut patut kita apresiasi, karena sudah ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Peran dan sumbangan berarti Telkomsel ini setidaknya menjadi angin segar bagi kita yang memang menghendaki perubahan dalam wajah pendidikan nasional. Program-program Telkomsel yang berbentuk bantuan fasilitas sekolah sangat membantu anak didik untuk lebih semangat belajar dan semakin termotivasi untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi demi masa depan pendidikan kita selanjutnya.

Penutup

Oleh karena itu, mementum 15 tahun berkibarnya Telkomsel dalam jagat telekomunikasi seluler di Indonesia harus menjadi pelecut semangat bagi kita semua untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial yang menyentuh kehidupan masyarakat. Kiprah Telkomsel yang telah berhasil menyatukan bangsa ini melalui layanan telekomunikasi seluler patut kita acungi jembol, mengingat Telkomsel dengan bangga membangun negeri tanpa putus sampai ke pelosok pedesaan.

Keberhasilan Telkomsel berinovasi dengan memberikan yang terbaik bagi Indonesia sepanjang 15 tahun perjalanannya, tentunya tak lepas dari dukungan dan kepercayaan yang diberikan berbagai pihak, seperti pemerintah, pemegang saham, pelanggan, masyarakat, kompetitor, mitra kerja, karyawan, lembaga swadaya masyarakat, dan stakeholders lainnya yang turut mendukung torehan sejarah Telkomsel dalam meraup keuntungan dan menaruh kepedulian terhadap kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat.

Dengan demikian, Telkomsel telah mampu membangun jaringan informasi yang lebih cepat sehingga memberikan kepuasan bagi masyarakat luas yang menggunakan Telkomsel sebagai media berinteraksi dengan sesama. Itulah sebabnya, dalam rangka memeriahkan kiprah 15 tahun Telkomsel dalam jagat telekomunikasi seluler di Indonesia, kita berharap agar Telkomsel lebih bertaji dan mampu memperkuat jaringan yang lebih luas sampai masyarakat benar-benar puas dengan kinerja dan layanan yang diberikan Telkomsel.

Komentar